Komputasi

Galat/Error Absolut dan Relatif

Bagi rekan-rekan yang sering melakukan pengukuran atau eksperimen, istilah galat atau error absolut dan relatif mungkin tidak asing lagi. Namun sesekali mungkin perlu kita kaji lagi biar tidak lupa dan tidak salah dalam memahami perbedaan antara galat absolut dengan galat relatif.

Galat absolut adalah nilai yang menunjukkan ketidaksesuaian (selisih) hasil pengukuran terhadap nilai sebenarnya. Misalkan sebuah penggaris yang digunakan untuk mengukur jarak mempunyai ketelitian hingga ±1mm, maka nilai galat absolut nya adalah ±1mm.

galat1
Galat relatif adalah nilai yang mengindikasikan seberapa akurat pengukuran yang dilakukan relatif terhadap ukuran dari benda yang diukur. Misalkan dua orang murid melakukan pengukuran dengan penggaris meteran. Murid pertama mengukur tinggi dari ruangan dan mendapatkan nilai 3,215m ± 1mm (0,001m), sedangkan murid kedua mengukur tinggi sebuah silinder dan mendapatkan nilai 0,075m ± 1mm (0,001m). Perbandingan akurasi dari kedua pengukuran ini dapat ditentukan dengan galat relatif.

galat2

Berdasarkan contoh di atas, maka kita dapat menentukan galat relatif dari masing – masing pengukuran

galat3

Dari hasil di atas dapat terlihat dengan jelas bahwa galat relatif dari tinggi ruangan jauh lebih kecil dibandingkan dengan galat relatif dari tinggi silinder meskipun nilai galat absolutnya sama.

Demikian penjelasan singkat mengenai galat absolut dan relatif, semoga bermanfaat. Cheers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *