MATLAB by Me

Artificial Neural Network Menggunakan MATLAB [Introduction]

Neural network atau jaringan saraf tiruan merupakan suatu metode perhitungan yang meniru sistem kerja saraf manusia. Saraf manusia yang terdiri atas berjuta-juta sel saraf terhubung satu sama lain untuk menyampaikan informasi dan menentukan keputusan dalam pikiran kita.
Neural Network telah digunakan dalam bebagai bidang (DARPA Neural Network Study) yaitu:

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan mengenai komponen utama dalam neural network, yaitu Sel Neuron.
Prinsip kerja neural network intinya terletak pada Sel Neuron, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut

Setiap input akan melewati sel neuron, dimana di dalam sel neuron ini akan dilakukan proses penentuan keputusan oleh fungsi yang disebut dengan Fungsi Transfer. Ada berbagai macam jenis fungsi transfer, namun secara umum dibagi atas 3, yaitu, hard, sigmoid, dan linear.

Dari grafik fungsi transfer tersebut dapat kita lihat perbedaan masing-masing fungsi transfer. Misalkan saya ambil contoh dari fungsi transfer hardlim. Fungsi tersebut akan menghasilkan nilai 1 jika nilai n positif dan 0 jika nilai n negatif.
Dalam sel neuron dikenal istilah Weight atau pemberat. Weight ini berfungsi sebagai parameter yang dapat diatur agar nilai output hasil neural network sesuai dengan yang diinginkan. Weight ini analoginya sama dengan koefisien dalam persamaan linear.
Selain itu dalam neuron juga terdapat apa yang disebut dengan Bias. Bias ini merupakan nilai konstanta yang dijumlahkan dengan nilai input yang telah dikalikan dengan weight. Setelah dijumlahkan dengan nilai bias, kemudian input diproses melalui fungsi transfer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *